Call Center DHL: No Telepon, Sosial Media, dan Alamatnya

Dari segi kepopulerannya, DHL memang tidak sepopuler JNE, JnT, SiCepat, maupun POS Indonesia. Namun, jasa pengiriman asal Jerman ini diklaim sebagai salah satu jasa penyedia kurir terbaik di dunia dengan melayani lebih dari 1,3 milyar paket pengiriman tiap tahunnya.

Di Indonesia, DHL tidak fokus pada pengiriman lokal / regional melainkan pada pengiriman dari dan ke luar negeri. Selain biayanya relatif murah, call center DHL juga mudah dihubungi sehingga para pelanggan tidak perlu khawatir lagi saat mengalami kendala pengiriman.

Apa itu Jasa Pengiriman DHL?

Nama DHL sendiri diambil dari singkatan huruf pertama para pendirinya yakni Dalsey (Adrian Dalsey), Hillblom (Larry Hillblom), dan Lynn (Robert Lynn).

Ketiganya tokoh tersebut mendirikan perusahaan ini pada tahun 1969 di San Fransisco, California, Amerika Serikat.  Awalnya, tujuan mendirikan DHL ialah sebagai jasa pengiriman parsel, kurir, dan pos kilat khusus Amerika.

Namun di akhir tahun 1970 an ia mulai mengembangkan layanannya ke seluruh dunia yang diawali dari pengiriman ke kepulauan Hawaii melalui layanan DHL Air Cargo pada tahun 1979.

Sesampainya di tahun 2001, sebuah perusahaan logistik ternama dari Jerman yakni Deutsche Post mengakuisisi sebagian besar saham DHL (tepatnya sebesar 51%) yang pada akhirnya dimiliki oleh Deutche Post sepenuhnya pada akhir tahun 2002. Dengan begitu, DHL masuk ke dalam divisi khusus Deutche Post DHL Group tepatnya dalam divisi pos kilat.

Akuisisi yang dilakukan oleh Deutsche Post memberikan dampak yang besar bagi perkembangan DHL. Hal ini dibuktikan dari kantor pusat DHL yang sudah tersebesar di beberapa benua. Misalnya untuk Amerika berlokasi di Plantation, Florida, Asia Pasifik berkantor pusat di Tiongkok, Hongkong, Singapura, dan Malaysia. Sedangkan untuk Eropa bermarkas di Leipzig, Jerman.

Berkat kesuksesannya itu, ia terus mengembangkan layanannya secara global sehingga memiliki nama resmi sebagai DHL International GmbH. Hingga saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 380 ribu karyawan DHL dari seluruh dunia.

Saingan utama dari DHL bukanlah jasa pengiriman lokal seperti JNE, JnT, POS, dan sejenisnya, namun berupa pengiriman seperti Royal Mail, FedEx, dan USPS. Akan tetapi, berkat layanannya yang tersebar lebih merata di seluruh dunia yakni hingga ke Irak, Afghanistan, Kuba, hingga ke Kora Utara maka DHL lebih populer dan memiliki lebih banyak pengguna.

Baca juga: Call Center POS Indonesia: VIDAPOS, Halopos, dan Akun Sosial Medianya

Daftar Lengkap Call Center DHL

call center dhl
Call Center DHL

Layanan DHL umumnya terintegrasi langsung dengan marketplace internasional seperti Amazon, Ebay, Alibaba, dan AliExpress. Karena itu, kita sebagai warga Indonesia dapat membeli barang dari luar negeri dengan memanfaatkan jasa pengiriman paket satu ini.

Nah, apabila kalian menggunakan layanan DHL namun mengalami kendala di luar negeri, maka kalian dapat menghubungi beberapa call center yang tersedia berikut ini:

1.      Nomor Telepon

Nomor telepon customer service DHL pusat yang bisa kalian hubungi ialah di:

  1. 080 1333 333 (layanan telepon bebas pulsa)
  2. 021 7917 3333 (layanan berbayar)

Selain nomor pusat, tersedia pula nomor customer service regional di nomor berikut ini:

  • Jakarta: 021 5591 9900 (kantor utama)
  • Semarang: 024 358 7987, 024 358 7986
  • Surabaya: 031 9985 2542
  • Medan: 061 457 0054
  • Balikpapan: 054 272 13635
  • Batam: 077 843 3740
  • Ujung Pandang: 041 1363 3980
  • Denpasar: 036 1478 2904

Untuk menghubungi no telp DHL Jakarta atau sesuai daerah kalian masing-masing, silakan gunakan layanan panggilan di atas. Kalian dapat melakukan panggilan via ponsel menggunakan pulsa maupun menggunakan telepon rumah.

Saat akan menghubungi pihak call center DHL, pastikan untuk menyesuaikan jam kerjanya yakni mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 21.00 selama seminggu penuh. Untuk hari besar nasional dan tanggal merah lainnya semua layanan call center DHL tutup.

2.      Sosial Media

Sebenarnya layanan sosial media DHL lebih dikhususkan untuk memberikan info dan promo terkait layanan usahanya. Namun kalian juga dapat menghubunginya apabila mengalami masalah. Berikut daftar akun sosial media resminya:

3.      Kantor Mitra

Karena DHL tidak punya kantor pusat di Indonesia seperti yang kami sebutkan pada paragraf di atas, maka DHL bekerja sama dengan perusahaan lain untuk membantu mengurusi segala keperluan bisnisnya. Berikut alamat kantor rekanan DHL yang dapat kalian kunjungi:

  • PT Birotika Semesta
  • Mulia Business Park
  • Jl. MT Haryono Kavling 58 – 60
  • RT 02, RW 02, Pancoran, Kecamatan Pancoran,
  • Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, POS 12780

Seputar Bea Masuk dalam Layanan DHL

Setiap barang dan dokumen yang masuk ke wilayah Indonesia akan dikenakan prosedur hukum kepabeanan yang ditetapkan pemerintah RI. Jadi, walaupun itu barang hasil dari belanja ataupun hasil dari pemberian / hadiah dari orang lain, maka tetap diharuskan melalui jalur bea cukai.

Walaupun semua barang wajib melalui prosedur kepabeanan, namun tidak semuanya akan dikenakan pajak / PPN. Ada beberapa kriteria yang memungkinkan barang dikenakan pajak seperti nominal harga barang. Selain itu, ada pula biaya administrasi yang mungkin harus dibayar.

Jika barang yang kalian beli dari luar negeri memenuhi kriteria wajib pajak maka pihak DHL akan menghubungi kalian terlebih dahulu sebelum mengirimkan ke rumah kalian. Lalu, apabila paket tersebut tidak lolos bea cukai, maka barang akan ditahan sementara.

Intinya, biaya tambahan yang wajib kalian siapkan selain dari biaya pengiriman ialah berupa:

  • Bea impor (dihitung dari presentase nilai shipment serta biaya transportasi).
  • Biaya administrasi atau biaya lain yang ditetapkan sesuai peraturan pemerintah.
  • Pajak lokal
  • PPN

Demikianlah daftar call center DHL yang bisa kalian hubungi saat mengalami kendala pengiriman. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment