Call Center Standard Express: No Telepon, Email, dan Sosial Media

Call Center Standard Express – Bagi kalian yang pernah belanja dari luar negeri, tentunya kenal dengan “Standard Express” bukan? Standar Express merupakan salah satu jasa pengiriman yang melayani transaksi pengiriman barang skala internasional. Dengan jasa pengiriman ini, belanja dari luar negeri jadi jauh lebih mudah dan juga lebih cepat sampai.

Di Indonesia, Standard Express hanya bekerja sama dengan e-commerce besar seperti Shopee. Karena itulah di Shopee kalian dapat menemukan produk dari berbagai macam kategori yang berasal dari luar negeri, terutama dari China dan sekitarnya.

Apa itu Standard Express?

Standard Express atau disebut juga sebagai LWE (Logistic Wordwide Express) merupakan ekpedisi pengiriman paket (dokumen ataupun barang) dalam skala internasional yang mana penjualnya kebanyakan dari China, Filiphina, dan Hongkong.

Seperti yang kita tahu, bahwa hampir semua jenis barang yang diproduksi di China dan sekitarnya memiliki harga yang sangat murah. Bahkan mall dan toko online yang menjualnya pun ikut mematok harga yang begitu murah. Menariknya lagi, harga barang tersebut hanya dipatok setengah harga dari produk buatan lokal.

Karena itulah ekspedisi pengiriman ini dibuat dalam rangka memenuhi kebutuhan semua orang yang ingin berbelanja dari negara tersebut. Dengan tarif yang bisa dibilang cukup ekonomis, tentu membuat produk yang dibeli dapat dijual kembali dengan harga yang menguntungkan.

Jika dilihat dari sistem pengirimannya, pihak Standard Express tidak mengantarkan pesanan sampai ke tangan pembeli, melainkan hanya sampai pada transit di Indonesia. Jadi, bisa dikatakan Standard Express mirip dengan jasa impor. Begitu sampai di Indonesia, paket akan di cek oleh bea cukai. Setelah dinyatakan lolos, maka pesanan akan diteruskan ke jasa pengiriman lokal seperti POS, JNE, maupun JNT untuk diantar ke alamat pembeli.

Seputar Pengiriman dari Standard Express

Karena kurangnya pemahaman akan berbelanja online dari luar negeri, maka banyak pengguna yang komplain atas layanan dari Standard Express. Misalnya barang yang tidak kunjung sampai atau masalah saat di bea cukai. Karena itu, pastikan kalian untuk mengetahui seputar pengiriman Standard Express berikut:

a.       Jangka Waktu Pengiriman

Pengiriman dari luar negeri yang memakan jarak hingga lebih dari 4000 km tentu butuh waktu lama sampainya. Perlu kalian ketahui, bahwa rata-rata jangka waktu pengiriman dari Standard Express ialah antara 14 – 21 hari untuk produk yang dapat diangkut via pesawat.

Lalu, untuk produk yang tidak dapat diangkut via pesawat seperti cairan, powerbank berkapasitas tinggi, ataupun produk kimia maka diharuskan melalui rute kapal laut. Jika hal ini terjadi, maka tentunya butuh waktu lebih dari satu bulan untuk bisa sampai ke tangan pembeli dengan selamat.

b.      Layanan Komplain

Komplain Standard Express bisa dilakukan tidak bisa dilakukan dari situs resminya. Kalian hanya dapat mengajukan pertanyaan atau keluhan dari marketplace yang bekerja sama dengan Standard Express.

Oleh karena itu, apabila terjadi masalah pada layanan yang terjadi, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajukan komplain ke pihak Shopee selaku mitra dari Standard Express. Nantinya laporan dari Shopee akan diteruskan ke pihak LWE Express.

c.       Masalah Bea Cukai

Produk yang sudah lama sekali belum sampai ditangan pembeli bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya adalah terkait kendala pengiriman di bea cukai. Seperti yang kalian tahu bahwa semua barang yang dikirimkan dari luar negeri harus di cek di bea cukai.

Apabila produk tersebut tidak memenuhi persyaratan masuk ke dalam negeri, maka produk akan tertahan di bea cukai. Jika terjadi demikian pada barang yang kalian pesan, maka kalian akan dimintai dokumen tambahan ataupun sejumlah uang agar produk bisa masuk.

Baca juga: Daftar Jam Kerja JNE di Hari Biasa dan di Akhir Pekan

Ketentuan Bea Cukai

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang call center Standard Express, kali ini akan kita ulas terlebih dahulu seputar ketentuan bea masuk suatu barang tabg ditentukan atas beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Harga Barang

Setiap produk atau item yang memiliki harga minimal sebesar USD 1500 akan dikenakan biaya bea cukai. Biaya ini harus dibayar oleh pembeli agar barang tersebut bisa diantar ke alamat pengguna. Jadi pastikan terlebih dahulu, bahwa nilai barang yang kalian beli tidak melebihi harga tersebut.

2.      Biaya Pajak

Selain biaya bea masuk, ada juga biaya pajak yang harus ditanggung oleh masing-masing pembeli. Besarnya pajak yang harus dibayarkan itu tergantung dari nilai barang itu sendiri. Jika produknya di bawah USD 100, maka barang tidak akan dikenakan biaya pajak maupun biaya bea cukai.

3.      Barang Imitasi

Produk imitasi atau palsu memang kerap dijual dari negara-negara seperti China dan Hongkong. Contohnya adalah smartphone palsu yang menjiplak dari salah satu brand ternama. Jika kalian membeli produk semacam ini, maka dijamin akan ditolak di bea cukai bahkan akan dikenakan pinalti yang mengharuskan kita untuk membayar denda.

Call Center Standard Express

call center standard express
Call Center Standard Express

Seperti yang di ulas pada pembahasan di atas, bahwa Standard Express saat masih memiliki jangkauan yang sangat terbatas. Di Indonesia saat ini hanya bekerja sama dengan Shopee sehingga segala keperluan terkait pengiriman Standard Express seperti pengecekan resi maupun komplain harus diajukan ke Shopee. Berikut daftar call center Standard Express yang dapat dihubungi:

  • Email / surel: support@shopee.co.id
  • No Telepon: 1500702
  • Twitter: Shopee Care
  • Facebook: ShopeeID
  • Instagram: @ShopeeID

Pelacakan Resi Standard Express

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melacak produk yang kita beli dari luar negeri:

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Klik Menu Akun Saya
  3. Pilih menu Pesanan Saya
  4. Klik pesanan tersebut
  5. Tekan tombol lacak
  6. Informasi lokasi barang akan ditampilkan!

Demikianlah informasi lengkap seputar call center Standard Express yang perlu kalian tahu. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment